No icon

Sport Theraphy

Cryotheraphy dan HydroWorx, Recovery Treatment Yang Banyak Diaplikasikan Klub dan Pemain Top Eropa

Tagline Sepakbola 2x45 menit tidak relevan didalam esensi sepakbola itu sendiri. Makna Sepakbola hanya 2x45 menit tidak mencerminkan proses panjang yang terjadi didalamnya untuk mempersiapkan sebuah keindahan permaianan yang disajikan kepada penikmat sepakbola, kecuali jika yang ditarget bukanlah sebuah pertandingan yang menyajikan keindahan sepakbola sesungguhnya atau hanya sekedar permainan antara 2 tim yang berlangsung dalam tempo waktu sesukanya dan aturan sesukanya (walaupun statement saya tidak menyatakan bahwa semua pemain dari liga tarkam tidak akan ada yang jadi pemain professional atau sebaliknya). Tapi dibalik itu semua, hajatan sepakbola membutuhkan proses yang sangat panjang, bahkan kalau bisa dibilang Sepakbola butuh 24 x 7 x 365 hari untuk mempersiapkannya, termasuk ketika pemain tersebut dalam masa libur latihan.

Related Post
Nilmaizar, Sepakbola dan Kehidupan

Tak ayal, dalam persiapan panjang untuk memperoleh hasil maksimal tersebut sering terjadi gangguan fisik pada setiap pemain, apakah disebabkan cidera ataupun kondisi kesehatan yang menurun. Pengaplikasian Teknologi di Sepakbola dalam 1 Dekade ke belakang sangat cepat terjadi, terutama dalam hal Science (Sport Science) untuk Theraphy pengembalian kondisi kesehatan pemain.

Cryotheraphy

Salah satu metode theraphy yang banyak digunakan oleh Pemain atau klub Sepakbola saat ini adalah Cryotheraphy. Cryothraphy beasal dari Bahasa Yunani “cryo” yang berarti dingin dan “theraphy” yang berarti pengobatan. Penggunaan temperature yang rendah dalam rehabilitasi cidera athlete sudah lama diterapkan sejak zaman dahulu dan telah diuji klinis bahwa tidak membahayakan kesehatan. Sebelum adanya cryotheraphy, metode pemulihan cidera memanfaatkan temperature rendah banyak diaplikasikan pada ice packs, ice towel, ice massage, frozen gel packs, dan ethyl chloride.

Sama halnya dengan metode pemulihan memanfaatkan temperature rendah lainnya, cryotheraphy akan mempercepat proses regenerasi sel sehingga tubuh dapat dengan cepat kembali ke kondisi semula. Untuk fase pemulihan, suhu yang digunakan oleh Cryotheraphy sangat bervariasi. Bisa mulai dari 0 derjatCelcius hingg mencapai minus 135 derajat celcius. Pemanfaatan cryotheraphy didalam proses recovery athlete dapat mengurangi kekejangan otot, memperlambat tumbuhnya sel penuaan diri, meningkatkan imunutas tubuh, meningkatkan energy, meningkatkan metabolisme tubuh dan meningkatkan kesehatan pengguna secara keseluruhan. DIdalam pengoperasiannya, Cryotheraphy menggunakan media cairan Nitrogen untuk menciptakan temperature rendah..

Salah satu Klub yang memanfaatkan metode recovery cryotheraphy pada musim lalu adalah Leicester City. Entah ada kaitan langsung atau tidak dengan penggunaan metode theraphy ini, pada musim lalu kondisi fisik pemain Leicester sangat prima. Untuk menambahkan metode theraphy ini di markas klub, Leicester harus merogoh kocek hingga £100.000. Bukan hanya untuk klub, Cristiano Ronaldo juga mengaplikasikan metode theraphy ini dirumahnya untuk menjaga kondisi fisik pemain terbaik dunia ini agar selalu berada di top performance. 

Related Post
Diet Vegan dan Cryotheraphy Menjadi Kunci Defoe Kembali ke Puncak Permainan

 

HydroWorx

Lain halnya Cryotheraphy yang memanfaatkan cairan nitrogen bersuhu rendah sebagia media theraphy, HydroWorx memanfaatkan air sebagai media yang digunakan. HydroWorx berbentuk sebuah Aquatic Treadmil yang dapat bergerak sesuai dengan kondisi fisik pengguna. Variasi kecepatan aquatic treadmill ini bervariasi mulai dari 1-10 miles/hours. Selain untuk mempercepat proses recovery athlete, metode ini juga banyak digunakan untuk meningkatkan fitness level athlete. Beberapa klub top eropa tercatat menggunakan HydroWorx seperti Bayern Leverkusen yang menggunakan Hydroworx Series 300 dan AFC Burnemouth dan Manchester United yang menggunakan HydroWorx Series 500. HydroWorx memiliki beberapa manfaat, diantaranya,
1. Meningkatkan fungsi Cardiovascular
2. Mempercepat pembentukan otot
3. Mempercepat penyembuhan cidera.
 

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: