No icon

Persiapan Liga-1

Semen Padang FC Terapkan Sport Science, Perusahaan Olahraga Asal Amerika Siap Merapat

Semen Padang FC terus berbenah menghadapi Liga-1 yang akan bergulir bulan depan. Alih-alih ikut sibuk dalam perburuan Marquee Players, Management Semen Padang FC memilih langkah berbeda dengan fokus memperbaiki tim.

Dalam latihan pagi yang berlokasi di Pantai Muaro Lasak, ada sedikit yang berbeda dari pakaian latihan yang biasa digunakan punggawa kabau sirah. Para pemain Semen Padang FC tampak menggunakan sebuah Bra dalam latihan kali ini.

Tidak puas dengan melakukan inovasi dalam aspek Teknologi Informasi (Website, Online TV, Online Store, Open Collaboration), Match Analyst dan Statistic, Semen Padang FC mulai menerapkan teknologi baru berupa Fitness Tracker.

Teknologi Fitness Tracker yang dimaksud adalah penggunaan Bra yang berfungsi untuk monitoring kondisi fisik pemain sewaktu melakukan latihan fisik dan data kesehatan pemain tersebut akan disimpan dalam sebuah database.

Teknologi ini mendukung High Accurate dan Advanced GPS Tracker yang menyediakan data pergerakan pemain, kecepatan pergerakan pemain, jarak tempuh dan kondisi fisik pemain.

 

Pemain Semen Padang FC Tampak Sedang Menggunakan Sport Bra. Foto : Media Officer Semen Padang FC

Foto : Media Officer Semen Padang FC

Untuk mewujudkannya, Semen Padang FC mencoba menjajaki kerjasama dengan Catapult, sebuah perusahaan Teknologi yang fokus dalam Olahraga. Perusahaan ini berlokasi di Amerika Serikat.

Teknologi serupa juga digunakan oleh tim besar Eropa seperti Borussia Dortmund, AC Milan, Atletico Madrid, Chelsea, PSG dan Bayern Munich. Untuk klub Asia, salah satu yang menggunakan teknologi besutan Catapult adalah Tampines Rovers

Banyak vendor lain yang mengeluarkan alat serupa seperti yang dikeluarkan Garmin dan Fitbit. Bahkan Nike juga mempunyai teknologi serupa (Nike Bra). Akan tetapi berdasarkan informasi dari Catapult, Produk mereka memiliki keunggulan jika dibandingkan produk kompetitor. Produk lainnya hanya mampu mengambil data satu kali dalam satu detik. Sedangkan Catapult dapat menyimpan data sebanyak 10 kali dalam satu detik dengan sampling 10Hz. Hal ini akan meningkatkan akurasi pengambilan data. 

Selain menggunakan GPS, Catapult juga menambahkan GLONASS untuk meningkatkan keakurasian product

Pengaplikasian teknologi fitness tracker tersebut akan sangat membantu tim pelatih untuk dapat memonitor kondisi kesehatan pemain dan memberikan porsi latihan sesuai dengan kondisi fisik pemain. Hal ini akan berakibat berkurangnya faktor cidera pemain yang disebabkan oleh over training.

Produk ini sendiri menggunakan bahan yang terbuat dari anti bacterial sehingga menjaga kesehatan pemain yang menggunakan dari bakteri

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: