No icon

Manfaat Suplemen dan Bahaya Doping

Pilihan Tepat Untuk Menjaga dan Meningkatkan Performance Athlete

Penggunaan suplemen kesehatan bagi seorang atlit terutama atlit sepakbola sangat penting, terutama untuk menunjang kesehatan seorang pemain. Penambahan suplemen dapat membantu atlit untuk memenuhi kebutuhan akan nutrisi yang diperlukan sehingga menghasilkan kondisi prima seorang atlit. 

Kesalahpahaman akan fungsi suplemen kesehatan sering kali terjadi didalam dunia olahraga, alih-alih membantu meningkatkan performa yang berakibat peningkatan prestasi, salah penggunaan suplemen dapat mengakibatkan kondisi tubuh pemain drop hingga menurunkan performa bahkan dapat terindikasi penyalahgunaan suplemen dan dikategorikan dalam penyalahgunaan obat-obatan atau yang sering disebut dengan doping yang mengakibatkan sang atlit harus diskualifikasi dari sebuah turnamen

Doping adalah penggunaan obat-obatan atau asupan tambahan didalam makanan yang bertujuan untuk meningkatkan performance dengan meningkatkan endurance atlit didalam kompetisi. Beberapa kejadian penyalahgunaan doping yang masih diingat adalah penyalahgunaan yang dilakukan Maradona pada Piala Dunia 1994 sehingga menyebabkan Maradona harus mengakhiri karir internasional-nya lebih cepat dan kasus penyalahgunaan obat-obatan yang dilakukan Mohamed Kallon dan Manuele Blasi pada tahun 2003. Kedua pemain ini terindikasi menggunakan nandrolone, sebuah anabolic steroid yang dapat meningkatkan pertumbuhan jaringan dalam tubuh dan meningkatkan kemampuan darah mengangkut oksigen dengan cara meningkatkan kadar hemoglobin dan ukuran sel darah merah

Penggunaan obat-obatan doping juga termasuk sebuah aktifitas yang melanggar sportifitas yang dimana menunjunjung nilai etis setiap atlit yang mengacu kepada persaingan positif tanpa niat melakukan kecurangan yang merugikan pihak lain.

Anggapan yang banyak terjadi di tengah masyrakat adalah penggunaan suplemen sebagai pengganti makanan atau obat-obatan. Suplemen sendiri adalah pelengkap nutrisi dari makanan yang kita makan. Suplemen biasanya mengandung nutrisi, vitamin, mineral, asam amino, asam lemak dan serat.

Penggunaan suplemen kesehatan penambah vitamin akan lebih baik bagi seorang Atlit daripada penggunaan obat-obatan untuk merangsang tubuh sehingga menghasilkan energi yang lebih besar. Suplemen dapat dikategorikan menjadi 2 yaitu suplemen multivitamin dan suplemen nonvitamin nonmineral. Suplemen multivitamin biasanya terkandung vitamin C, B1, B2, B3, B6, biotin, pantothenate, kalium lodida didalamnya. Sedangkan suplemen non vitamin non mineral seperti minum-minuman herbal yang tidak mengandung vitamin seperti teh hijau, probiotik, ginkgo biloba, glukosamin dan chondroitin

Penggunaan berlebihan terhadap suplemen bukan tanpa efek samping. Seperti penggunaan suplemen antioksidan vitamin A, vitamin E dan betakaroten akan dapat meningkatkan resiko kematian. Penggunaan vitamin D berlebih akan berbahaya bagi ginjal dan hati.

Lantas, bagaimana idealnya penggunaan suplemen untuk meningkatkan kesehatan dan performansi seorang atlit? berikut tips yang diberikan:

1. Pastikan fungsi suplemen sejalan dengan kondisi fisik yang dibutuhkan, misalkan untuk pembakaran lemak, menjaga kesehatan pembuluh darah, atau untuk memperlancar peredaran darah.
2. Perhatikan dosis yang dibutuhkan oleh tubuh anda, untuk hal ini akan lebih baik untuk berdiskusi dengan dokter atau tim medis yang berkompeten di bidangnya.
3. Penyalahgunaan suplemen untuk membantu pemenuhan gizi atau memperbaiki pola hidup yang salah.
4. Untuk atlit sepakbola, akan lebih baik penambahan suplemen yang mengandung Protein, Minyak Ikan, Minyak Kelapa Creatine Monohydrate, Beta-Alanine Vitamin D dan Multi Probiotic.

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: