No icon

Stadion Bersejarah Eropa

Mengenal Lebih Dekat 10 Stadion Klub Terbaik Eropa

Stadion adalah sebuah tempat dimana dilangsungkannya pertandingan sepakbola. Tanpa adanya stadion atau lapangan, pertandingan sepakbola tidak dapat dilaksanakan.
Dalam Club Licensing Regulation, dengan jelas dijelaskan bahwa sarat utama untuk menjadi klub profesional harus memiliki sebuah stadion. Aspek utama sebuah Stadion antara lain harus memenuhi standar Keamanan, Kenyamanan, Mudah Diakses oleh Alat Transportasi, Tersedianya Parking Area, Tersedianya Public TransportationSeat Penonton, Toilet, dan fasilitas komunikasi

12Pas, pernah membahas mengenai Club Licensing Regulation pada tautan berikut

Related Post
Inilah Syarat yang Harus Dipenuhi Untuk Menjadi Klub Sepakbola Profesinoal
 

Pada tulisan kali ini, 12Pas.net tidak akan membahas kembali seputar stadion. Kali ini, kita akan coba berkenalan lebih jauh tentang Stadion-stadion yang dimiliki oleh 10 Top Eropa.


Real Madrid – Estadio Santiago Bernabeu

Santiago Bernabeu

Stadion kebanggan Real Madrid ini memiliki kapasitas 85.454 penonton dengan 5.100 kursi VIP. Sebelum berganti nama menjadi Estadio Santiago Bernabeu, stadion yang dibangun di Kota Madrid ini bernama Nuevo Estadio Chamartin.

Stadion ini memiliki pencahayaan yang sangat terang dengan memiliki 2.400 lux. Sebagai gambaran, Stadion Gelora Bung Karno hanya memiliki pencahayaan sebesar 1.200 lux. Stadion ini pertama kali dibangun pada 27.10.1994  dengan arsitek Manuel Munoz Monasterio dan Luis Alemany Soler.

Santiago Bernabeu sudah sering menyelenggarakan pertandingan-pertandingan penting seperti penyelenggaraan Piala Dunia pada tahun 1982 dan Final Liga Champion pada tahun 1957, 1969, 1980 dan 2010.

Bayern Munich – Allianz Arena

Allianz Arena

Allianz Arena memang bukanlah stadion terbesar yang dimiliki oleh Germany, akan tetapi stadion ini terkategori dalam stadion modern. Pembangunan stadion ini  pada tahun 2002 menghabiskan 340 Juta Euro.

Stadion berkapasitas 75.024 kursin ini menjadi home base 2 klub Germany, Bayern Munich dan TSV 1860 Munchen. Penerangan stadion ini menggunakan 1.500 lux.
Walaupun tergolong stadion baru, Allianz Arena memiliki history yang cukup banyak. Allianz Arena menjadi tempat kick-off piala Dunia 2006 dimana Germany berhasil mengalah Kosta Rika di partai pembuka. Allianz Arena juga pernah menghelat pertandingan final Liga Champions tahun 2012

Barcelona – Camp Nou

Camp Nou


Barcelona boleh berbangga memiliki stadion semegah Camp Nou. Dari kapasitas kursi penonton, Camp Nou mengalahkan Santiago Bernabeu. Camp Nou dapat menampung 99.354 penonton. Camp Nou juga menjadi stadion terbesar yang ada di Spanyol. Walaupun memiliki kapasitas yang lebih besar dari Bernabeu, dari sisi pencahayan Camp Nou masih kurang mengkilap dengan dukungan 1770 lux.

Camp Nou bukanlah stadion pertama yang dijadikan home base oleh Barcelona. Pembangunan Camp Nou dibangun pertama kali pada tahun 1954 dengan diarsiteki Frances Mijtans-Miro, Garcia Barbon, dan Soteras Mauri.

Tak mau kalah dengan Bernabeu, Camp Nou juga memiliki sejarah panjang pelaksanaan event-event internasional seperti Piala Dunia, Olimpiade, Liga Champion dan beberapa event besar lainnya

Atletico Madrid – Vicente Calderon

Vicente Calderon


Vicente memang tidak setenar Camp Nou ataupun Bernabeu, akan tetapi jika berbicara stadion-stadion yang memiliki sejarah panjang di Spanyol, nama Vicente Calderon tidak boleh dilupakan. Stadion ini dibangun di kota Madrid pada tahun 1961 dan diresmikan  pada tahun 1966 dimana pada saat itu Atletico menjamu tamunya Valencia

Saat ini, Atletico sedang membangun stadion baru di sisi kota Madrid dengan nama Olimpico de la Peineta. Stadion ini mulai dibangun pada tahun 2011 dan diperkirakan baru selesai pada tahun 2017

Juventus – Juventus Stadium

Juventus Stadium

Juventus menunjukan dirinya sebagai salah satu klub dengan kondisi financial terbaik di Dunia dengan memiliki sebuah stadion milik klub. Mulai dibangun pada tahun 2009, Juventus Stadium baru dapat digunakan pada tahun 2011. Pembangunan stadion di Kota Turin ini menghabiskan total dana 122 Juta Euro.

Juventus Stadium memiliki kapasitas 41.507 kursi dan menjadikan stadion kebanggaan Juventini ini menjadi stadion 5 terbesar di Italia. Juventus Stadium menggantikan Delle Alpi yang sudah mulai tidak nyaman bagi Juventini. Keberadaan Juventus Stadium seolah-olah membawa keberuntungan bagi Juventus.  Dari 100 pertandingan pertama di rumah barunya, Juventus mencatatkan 77 kali kemenangan dengan hanya kalah sebanyak 4 kali. Selain itu sejak adanya Juventus Stadium, Juventus sudah berhasil merengkuh 5 trophi Serie A secara berturut-turut

Paris Saint-Germain – Parc des Princes

Parc des Princess


Parc des Princes adalah homebase raksasa klub Prancis, Paris Saint-Germain. Stadion dengan kapasitas 47.929 kursi ini, dibangun diresmikan pertama kali pada tahun 1972. Dalam 5 tahun terakhir, Parc des Princes sudah mengalami 3 kali perombakan, pada tahun 2012, 2013  dan terakhir pada tahun 2015. 

Uniknya, Parc des Princes bukan hanya pernah digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola. Stadion kebanggaan warga Prancis ini juga pernah menggerlar olahraga Rugby

Borussia Dortmund – Signal Iduna Park

Signal Iduna Park

Signal Iduna Park merupakan stadion dengan kapasitas terbesar di Germany. Kapasitas kursi stadion ini dapat diisi hingga 81.359 penonton. Stadion ini berlokasi di kota Dortmund dan menjadi home base Borussia Dortmund. 

Signal Iduna Park mengalami perbaikan mayor menjelang menghadapi gelaran Piala Dunia 2006. Untuk menjadi stadion yang memiliki kapastias terbesar di Germany, Signal Iduna Park sudah mengalami beberapa kali perbaikan dari berbagai aspek.

Sevilla – Ramon Sanchez Pizjuan

Ramon Sanchez


Stadion Ramon Sanchez mungkin tidak setenar dan semegah Camp Nou ataupun Bernabeu. Akan tetapi stadion ini memiliki sejarah yang panjang. Stadion yang menjadi home base Sevilla ini pertama kali dibangun pada tahun 1956. Saat ini Ramon Sanchez hanya dapat menampung 42.982 penonton, mengalami penurunan kapasitas hampir setengahnya dari kapasitas awal pada tahun 1974 yang dapat menampung 77.000 penonton.

Stadion ini pernah menggelar beberapa pertandingan internasional seperti Piala Dunia 1982 dan Piala Eropa pada tahun 1986

Chelsea – Stamford Bridge

Stamford Bridge


Stamford Bridge bukanlah stadion terbesar di Britania, apalahi stadion tercanggih yang pernah ada di negeri Ratu Elizabeth. Kapasitas stadion ini hanya 41.631 kursi penonton, bahkan lebih kecil dari  stadion yang digunakan oleh West Ham dan Sunderland. Walaupun begitu, stadion ini sejak awal millennium menjadi stadion dengan attendance yang cukup tinggi dengan tidak pernah berada dibawah 41.000 penonton setiap kali Chelsea bertanding.
Stamford Bridge termasuk stadion tua yang mulai dibangun pada tahun 1877. Awalnya stadion ini dbuat bukanlah untuk menyelenggarakan pertandingan sepakbola, hanya untuk dipergunakan sebagai tempat olahraga atletik. Setelah 25 tahun beroperasi, Barulah stadion ini dipergunakan oleh Chelsea setelah Fulham menolak untuk menggunakan stadion ini dan pemilik stadion berinisiatif untuk mendirikan klub sepakbola.

Manchester United – Old Trafford

Old Trafford


Walaupun mengalami penurunan prestasi semenjak ditinggalkan Sir Alex Ferguson, nama besar Manchester United tidak pernah luntur. Termasuk animo penonton yang datang ke Stadion Old Trafford. Stadion terbesar kedua di Britania Raya ini sanggup menampung 75.643 penonton dan pertama kali dibangun pada tahun 1909. Manchester United menggunakan pertama kali stadion ini pada tahun 1910
Old Trafford pernah menjadi sasaran perang dunia ke 2 yang dimana stadion ini hancur setelah menjadi target bom tentara Nazi. Butuh 8 tahun sejak serangan Nazi untuk membangun kembali Old Trafford. Old Trafford memiliki nama lain Theatre of Dream yang pertama kali dipopulerkan oleh Bobby Charlton.
Old Trafford memiliki sejarah panjang dalam penyelenggaraan event internasional seperti Piala Dunia 1966, Piala Eropa 1996, dan Final Liga Champion 2003 
 

Sumber
http://stadiumdb.com

 

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: