No icon

Pemain berambut pirang ternyata memiliki kutukan bagi Manchester United

Kutukan "Blonde" Manchester United dan Inggris

OLEH: M. RIFQI F.

 

Selasa, 15 September 2015 merupakan hari yang kelam bagi Luke Shaw dan Manchester United (MU). Shaw menderita patah kaki setelah ditekel keras Hector Moreno pada partai melawan PSV Eindhoven di UEFA Champions League. Shaw menderita double leg fracture setelah berebut bola dengan Moreno dan harus istirahat melewati musim yang baru berjalan kurang dari dua bulan tersebut.

Malam itu merupakan malam yang traumatis bagi saya, bukan hanya karena MU kalah 1-2 dari PSV malam itu, namun cedera Shaw juga membangkitkan kenangan buruk yang sangat saya takutkan akan terjadi lagi.

Luke Shaw ketika itu baru saja menjustifikasi harganya dengan form-nya. Bek kiri muda itu dibeli dari Southampton seharga 37,5 juta euro, mengalahkan rekor transfer Wayne Rooney dari Everton ke MU. Transfer ini resmi menjadikannya pemain belia termahal di dunia saat itu. Maka, sangat wajar jika fans MU dan Inggris menanggungkan harapan besar pada potensinya. Sayang sekali cedera parah menghantamnya di musim 2015/2016, sepertinya para fans harus sedikit bersabar jika ingin melihat ia menjadi reguler di The Red Devils maupun The Three Lions.

Apakah sedikit sabar saja cukup? Saya kira tidak. Well, setidaknya jika kita melihat tren 10 tahun ke belakang. Seorang pemain muda Inggris yang sedang mencapai puncak form kemudian mengalami cedera parah bukanlah hal pertama yang terjadi di Manchester United. Apalagi jika ia berambut blonde.

Alan Smith, di musim 2006/2007

Ingat Alan Smith? Striker pekerja keras itu sempat menghiasi relung harapan fans MU dan Inggris pada musim 2004-2005. Ia sempat menjadi jawaban ketika MU kehilangan Ruud Van Nistelrooy, Ole Gunnar Solskjaer, dan Louis Saha. Ia rajin mencetak gol, tidak sembarang gol, namun gol-gol penentu kemenangan juga gol-gol spektakuler. Sayangnya, cedera parah membuat ketajamannya berkurang drastis sehingga ia harus mundur ke pos gelandang tengah. Kemudian ia kesulitan mencapai form pra cedera nya sehingga membuat ia harus mundur lebih jauh lagi ke Newcastle United. Kemudian jatuh lagi ke MK Dons, terjerembap ke Notts County, dan akhirnya hilang ke dalam ketidakjelasan.

Tom Cleverley pernah menjadi harapan Manchester United

Maju tujuh tahun, ke musim 2011-2012, publik Manchester dan Inggris mendapatkan harapan baru dalam bentuk pemain muda bernama Tom Cleverley. Pemain lulusan akademi Manchester United itu diharapkan dapat menggantikan peran Paul Scholes yang meninggalkan MU dan Inggris ke kursi komentator Sky Sports. Benar saja, Cleverley muda berhasil membuat penghuni Stretford End bersorak kembali. Ia berhasil membentuk dynamic duo bersama Michael Carrick di sektor tengah MU, yang juga ditinggalkan Darren Fletcher karena infeksi perut. Saking bagusnya Cleverley, ia membuat pendukung MU membentangkan spanduk "Who needs Sneijder, we've got Cleverley!" Ya, benar sekali. Form-nya waktu itu sampai membuat supporter MU berhenti mengharapkan salah satu playmaker terbaik di dunia saat itu.

Sayangnya, lagi-lagi, cedera menghantam pemain muda blonde Manchester United. Kini, gelandang Bolton Kevin Davies yang membuat perkara. Ia merobek ligamen kaki Cleverley dan sejak hari itu, form nya terus turun dan publik MU maupun Inggris harus mengakui diam-diam, mereka kini tak membutuhkan Cleverley lagi.

Mari kembali ke masa kini dan kita melihat penggemar Inggris, Manchester United maupun penggemar Luke Shaw karena parasnya, sedang bersabar menunggu ia mencapai puncak form-nya kembali. Atau mungkin mereka harus bersabar lebih lama lagi mengingat mulai muncul prospek-prospek lain di bek kiri seperti Cameron Brothwick-Jackson, Ben Chillwell, dan Brendan Galloway. Harapan boleh dipegang karena kini mereka mulai rajin menghiasi starting XI klub masing-masing, dan yang penting, tidak ada dari mereka yang blonde.

 

=====

 

Penulis adalah Supporter Manchester United yang menganggap musim 2011/2012 sebagai musim terbaik.

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: