No icon

Trofi pertama dari tiga yang diraih Liverpool pada musim tersebut

[ON THIS DAY] 25 Februari 2001 – Liverpool Juarai Piala Liga Inggris

Tepat hari ini, ingatan Anda akan dibawa pada momen 16 tahun yang lalu, di mana Liverpool sukses menjuarai Piala Liga Inggris untuk ketujuh kalinya, setelah di final mengalahkan Birmingham City.

Liverpool pada musim itu melaju ke final Piala Liga Inggris --atau yang saat itu disebut Wortingthon Cup, dengan mulus. The Reds saat itu sukses mencetak 21 gol dan hanya dibobol dua kali dari empat lima pertandingan yang mereka jalani sebelum final. Sedangkan, sang lawan Birmingham City harus menjalani dua pertandingan lebih, karena The Blues harus memulai turnamen tersebut dari Putaran Pertama (Liverpool langsung lolos ke Putaran Ketiga). Anak asuh Trevor Francis bahkan sukses mengalahkan tim kuat saat itu, Newcastle United di Putaran Keempat.

Starting XI Liverpool vs Birmingham - Final Piala Liga 2000/2001

Bermain di Stadion Millenium, Cardiff, Liverpool menguasai pertandingan dan sukses mencetak gol terlebih dahulu lewat Robbie Fowler di menit ke-30. Fowler hari itu sukses menaklukan penjaga gawang Ian Bennett setelah melepaskan sepakan keras dari jarak 25 meter. Setelah gol itu, Birmingham menguasai pertandingan. Namun, beberapa peluang yang mereka hasilkan gagal menghasilkan gol.

Saat pertandingan sepertinya hendak akan dimenangkan oleh Liverpool, petaka datang bagi The Reds. Di menit-menit genting, pemain belakang Liverpool, Stephane Henchoz melakukan pelanggaran terhadap pemain tengah Birmingham, Martin O’Connor di dalam kotak penalti. Pemain belakang, Darren Purse sukses mengkonversi penalti menjadi gol, sekaligus memperpanjang usia pertandingan.

Di babak perpanjangan waktu kedua tim tak dapat menciptakan satu gol pun, sehingga penentuan pemenang harus dilakukan lewat babak adu penalti. Hingga penendang kelima, kedua penjaga gawang, Sander Westerveld dari The Reds dan Ian Bennett dari The Blues sukses menyelamatkan masing-masing satu penalti. Sander Westerveld menjadi pahlawan bagi The Reds, penjaga gawang Timnas Belanda tersebut sukses menahan penalti pemain 20 tahun, Andrew Johnson dan otomatis pula memastikan Liverpool keluar sebagai pemenang Piala Liga musim 2000/2001.

Kesuksesan tersebut juga merupakan titik awal dari Liverpool untuk meraih “Micky Mouse Treeble” pada musim tersebut. Ya, pada musim tersebut The Reds sukses menjuarai Piala Liga, FA Cup dan UEFA Cup.

=====

VIDEO SELENGKAPNYA DI SINI!

 

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: