No icon

Marquee Players Go-Jek Traveloka Liga-1

RESMI: Didier Zokora Marquee Player Anyar Semen Padang FC

Perburuan pemain asing yang akan mengisi slot Marquee Player Semen Padang FC berakhir sudah, pilihan tersebut jatuh kepada mantan pemain Tim Nasional Pantai Gading dan Tottenham Hotspur, Didier Zokora. Perekrutan ini juga menjadikan Zokora menjadi pemain asing ke-12 yang memperoleh predikat Marquee Player pada Go-Jek Traveloka Liga-1. Sebelum memutuskan mengambil Zokora, Semen Padang FC sempat dikaitkan dengan beberapa pemain Marquee Player lainnya seperti Wilson Palacios dan Dalibor Stevanovic.

Pembelian Zokora merupakan pembelian cermat yang dilakukan oleh Semen Padang FC mengingat mereka kekurangan pemain yang bertipikal gelandang bertahan. Hal ini tak terlepas dari cederanya Ko Jae Sung, Gelandang anyar Semen Padang FC di laga ujicoba kontra PS TNI dua pekan sebelum Go-Jek Traveloka Liga-1 digulirkan.

Related Post
Semen Padang FC Resmi Ikat Gelandang Asal Korea Selatan

Sejatinya, Zokora merupakan pemain bertipe versatile players. Pemain kelahiran Abidjan ini fasih bermain di 3 posisi sekaligus, yaitu Gelandang Bertahan, Gelandang Tengah dan Bek Tengah.

Ketika memperkuat North East United pada musim 2015/2016, Zokora mencatatkan 14 kali caps dengan rincian bermain sebagai bek tengah sebanyak 9 kali dan menjadi gelandang bertahan sebanyak 2 kali. Setahun sebelumnya, ketika memperkuat Akhisarpor dan kemudian pindah ke Pune City, Zokora bermain sebanyak 43 kali dengan rincian bermain sebagai gelandang bertahan sebanyak 39 kali, sayap kanan 1 kali, bek sayap 1 kali dan bek tengah 1 kali.

Melihat track record yang cukup menjanjikan dan berkaca pada komposisi skuad yang dimiliki saat ini, wajar saja jika Nil Maizar menjatuhkan pilihannya kepada pemain ini. Semenjak ditinggal Hyu Yunko dan Eka Ramdani, Semen Padang FC memang belum dapat menemukan padanan lini tengah yang tepat. Hal ini pula yang disinyalir menjadi kepingan puzzle yang hilang dari klub kebanggan urang awak selama kompetisi Torabika Soccer Championship musim lalu. Kedatangan Svraka di pertengahan musim lalu sebenarnya sudah menjadi solusi tepat, sayangnya sang pemain urung dipertahankan dengan terkendala regulasi Liga yang dikeluarkan oleh PSSI.

Zokora memulai karir profesional dengan memperkuat klub JMG Abidjan pada tahun 1998. Permainan Zokora menanjak ketika talent scouting Tottenham Hotspur menemukan bakatnya dari Saint-Etienne, Klub Liga Prancis. Untuk mengamankan tanda tangan pemain berkepala plontos ini, Tottenham Hotspur pada tahun 2006 harus merogoh kocek cukup dalam hingga €12.5 Juta.

Setelah 3 musim bersama Spurs, Zokora direkrut oleh Sevilla pada tahun 2009 dengan nilai kontrak € 8.5 Juta. Di klub ini (Sevilla) Zokora merengkuh trophi mayor keduanya dengan menjadi Juara Piala Spanyol. Sebelum ini Zokora pernah meraih trophi mayor lainnya bersama KRC Genk dengan memenangkan trophi Liga Belgia. Terakhir, Zokora masih aktif bermain dengan memperkuat klub NorthEast Utd, salah satu peserta Indian Super League.

Jika ditinjau dari penampilan di Level Kompetisi Sepakbola Internasional, Zokora sempat dua kali merasakan atmosfir Piala Dunia, yaitu pada tahun 2010 dan 2014 yang kala itu dia sempat bermain didalam satu tim dengan Didier Drogba. Zokora juga tercatat sebagai salah satu pemain dengan caps terbanyak untuk Tim Nasional Pantai Gading dengan penampilan sebanyak 106 kali.

Zokora pernah menjadi korban Rasis dari Emre di Liga Turki. Sebuah aksi yang kurang simpatik yang diperolehnya dari pemain profesional di kasta tertinggi sebuah negara yang mempunyai kultur sepakbola kental. Akibat aksi rasial ini, Emre mendapatkan sanksi tegas dari Liga Turki.

Related Post
Sepakbola Modern Adalah Sepakbola Tanpa Aksi Intoleransi
 

Zokora tiba di Padang pada hari Senin dan kemudian diperkenalkan pada sore harinya di Wisma Indarung, Padang. Pemain yang pada bulan desember nanti akan menginjak umur 37 tahun akan diikat dengan durasi kontrak selama satu tahun oleh manajemen Semen Padang FC. Di Semen Padang FC, Zokora akan menggunakan jersey bernomor punggung 15.

“Pemilihan Zokora merupakan pilihan yang sudah dipertimbangkan matang dan direkomendasikan juga oleh Tim Pelatih Semen Padang FC”, Ujar Daconi selaku CEO PT Kabau Sirah Semen Padang FC yang menaungi klub Semen Padang FC.

Dengan bergabungnya Zokora, berarti hingga saat ini sudah ada 12 Pemain Marquee Player yang memperkuat 9 Klub Top Indonesia. Sebelum ini, Persib Bandung merupakan klub pertama yang mendatangkan Marquee Player dengan mengikat kontrak Michael Essien dan Carlton Cole. Langkah tersebut diikuti oleh Madura United dengan mendatangkan Peter Odemwingie dan disusul berturut-turut oleh Borneo FC dengan mendatangkan Shane Smeltz, Juan Pino dari Arema, Jose Coelho dari Persela, Mohammed Sissoko dari Mitra Kukar, Wiljan Pluim dari PSM Makssar dan Anmar Almubaraki dari Persiba.

Comment

A PHP Error was encountered

Severity: Core Warning

Message: PHP Startup: Unable to load dynamic library '/opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so' - /opt/alt/php56/usr/lib64/php/modules/php_print.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Filename: Unknown

Line Number: 0

Backtrace: