No icon

Invisible Man Chelsea

Ngolo Kante, Roh Penjaga Keseimbangan Chelsea Musim Ini

Jika membuat daftar pemain tengah terbaik dunia saat ini, sangat tidak mungkin rasanya jika nama Ngolo Kante tidak terdapat dapat daftar nama tersebut. Penampilan Ngolo Kante yang semakin matang, mendapatkan pujian dari legenda Arsenal, Robert Pires. Pires menyebut Ngolog Kante sebagai sosok Makelele yang hilang dari Chelsea beberapa musim sebelumnya

“Mereka bermain di posisi yang sama, mereka sama bagusnya dalam melakukan intercept dan melakukan tackle. Menurut saya Chelsea berhasil tampil baik musim ini, disebabkan Kante bermain dengan sangat baik,” Ujar Pires.

Kante berpeluang memporleh dua gelar Premier League berturut turut dengan 2 tim yang berbeda. Peran vital yang sama diperankan oleh Kante ketika musim sebelumnya berhasil membawa Leicester meraih gelar EPL pertamanya.

Musim ini, Kante sudah bermain sebanyak 31 kali bersama Chelsea di kompetisi Premier League. Dari 31 penampilan yang dilakukan, Kante berhasil mencetak 1 gol melalui sepakan kaki kanannya. Pemain yang musim ini menginjak umur 26 tahun bermain di posisi Defensive Midfielder.

Dalam hal bertahan, Kante terkenal keras dan taktis dalam menjaga pertahanan. Dalam urusan pertahanan, hingga analisis ini dilakukan Kante sudah melakukan intercept sebanyak 72 kali dan melakukan clearance 40 kali. Presentasi tekel sukses kante juga sangat menakjubkan, berhasil melakukan 110 kali tekel dengan persentase suksel tekel mencapai angka 66%. Dalam hal disiplin, Kante melakukan pelanggaran sebanyak 51 kali selama musim ini dan mendapatkan 8 kali kartu kuning.

Bukan hanya jago dalam menjaga pertahanan, Kante juga ahli dalam menjaga tempo permainan dan pensuplai bola yang baik. Kante sudah melakukan 1899 passing dengan rerata melakukan 61.26 umpan setiap pertandingan dengan akurasi passing mencapai angka 88%

Performa kante terbilang stabil setiap musimnya. Jika ditinjau dari statistic musim lalu, Kante dalam 37 penampilannya hanya bisa melepaskan passing sebanyak 1449 dengan rerata 39 kali umpan per pertandingan. Daam bertahan kante melakukan 156 intercept dengan total clearance 57 kali.

Pelanggaran pada musim lalu Kante melakukan sebanyak43 kali dengan total kartu kuning yang diperoleh sebanyak 3 kali. Takel yang dilakukan sebanyak 175  presentasi sukses 71%

Jika musim dulu Matic berjuang sendirian musim lalu, musim ini matic dapat berbagi peran dengan Kante sehingga akan menciptakan kestabilan dalam hal menyerang dan bertahan Chelsea.

Baiknya penampilan lini tengah Chelsea, membuat beban kerja 3 bek Chelsea musim ini tidak terlalu berat, Cahill Luiz dan Azpilicueta sehingga kebobolan Chelsea hingga pekan ke 32 dengan kebobolan hanya 38 gol.

Comment