No icon

Semifinal Piala Presiden 2017

Menakar Asa Semen Padang FC Menjadi Juara Piala Presiden 2017

Dalam 6 tahun terakhir, Semen Padang FC menjadi fenomena baru didunia Sepakbola Indonesia. Semen Padang FC menjadi salah satu tim era galatama yang masih eksis di kancah sepakbola Indonesia.

Diawali dengan promosi ke kasta tertinggi sepak bola Indonesia pada tahun 2010. Setahun kemudian klub yang di sponsori salah satu Perusahaan Tambang Nasional ini langsung memberikan kejutan dengan masuk ke jajaran 4 besar Indonesia Super League. Catatan positif itu kembali dilanjutkan dengan menjadi juara Indonesia Premier League (kompetisi yang digulirkan resmi oleh PSSI dan menggantikan Indonesia Super League) 2011/2012.

Semen Padang FC nyaris back to back jika kompetisi IPL musim berikutnya tidak berhenti di tengah jalan.  Loncat ke tahun 2014 Semen Padang mapu menembus babak 8 besar ISL sebelum tersingkir dari Arema Indonesia. Catatan apik di awal dekade kebangkitan Semen Padang FC dilengkapi dengan menjadi perempatfinalis AFC Cup 2013.

Pada tahun 2015, Semen Padang FC tidak dapat mencatatkan kembali history ciamik di kancah sepakbola Indonesia, dikarenakan Sepakbola Indonesia mendapatkan sanksi dari FIFA sehingga tidak boleh menggelar kompetisi sepakbola profesional.

Setelah riak-riak permasalahan sepakbola selesai, Semen Padang FC kembali mengambil tempat didalam turnamen Piala Jendral Sudirman. Setelah lama vakum berkompetisi, ternyata sentuhan dan karismatik Semen Padang FC sebagai salah satu tim besar Indonesia belum hilang. Piala Jenderal Sudirman yang diikuti oleh hampir seluruh peserta liga super Indonesia, Semen Padang FC berhasil menyelesaikan tugas mereka sebagai runner-up setelah dikalahkan oleh Mitra Kukar di final.

Yang terbaru tentu, bagaiaman Semen Padang FC berhasil menembus hingga babak semifinal dan kembali bertemu dengan Arema FC, tim yang pernah mengalahkan mereka dalam liga dengan format kompetisi turnamen pada 2014.

Jika menilik perjalanan mereka selama gelaran turnamen piala presiden 2017, Semen Padang FC layak di kedepankan ketika berbicara calon kuat juara. Jika ditinjau dari catatan statistik yang disediakan oleh Lentera Sport Management, opini tersebut tidak bisa dipatahkan

Dari 4 kali pertandingan sejak penyisihan group 5 piala presiden 2017, Semen Padang FC belum terkalahkan hingga maju ke babak semifinal. Mencatatkan rekor 4 kali pertandingan dan menyapu bersih 4 kemenangan dengan melesakkan 13 gol dan belum pernah merasakan kebobolan menjadi rapor yang dipegang Semen Padang FC di kompetisi ini.

Jika dikonversi dari catatan tersebut, Semen Padang FC mencetak gol setiap pertandingannya sebanyak 3.25 gol dengan rerata mencetak gol sekali dalam 27 menit. Luar Biasa!

Hasil mentereng itu tidak terlepas dari efektif nya lini depan Semen Padang FC bermain dan lugasnya lini belakang Semen Padang FC didalam bertahan.

Didalam urusan mencetak Gol, Semen Padang FC bukan hanya Marcel seorang. Disana terdapat pemain bagus lainnya seperti Vendry Mofu, Irsyad Maulana, Rudi dan Boas Artururi yang siap menebar terror ke lini pertahanan lawan. Belum lagi sosok striker muda mereka Syamsul Bahri dan si kancil Riko Simanjuntak yang acap kali merepotkan pertahanan lain.

Predikat tim dengan kolektivitas terbaik juga layak disematkan kepada klub ini, Gol yang tercipta sebagian besar hasil kerjasama apik antar setiap pemain. Hal ini terbukti dengan Syamsul Bahri dan Marcel Silva yang mencatatkan dirinya sebagai Top Assist terbanyak klub yang kemudian disusul oleh Irsyad Maulana, Rudi, dan Boas Artururi.

Predikat tim paling baik didalam kolektivitas bermain semakin terbukti ketika dalam 4 pertandingan ini, pemain mereka berhasil mencatatkan 1090 successful pass.

Jika ditinjau lagi lebih kedalam, konsistensi permainan SPFC tak terlepas dari baiknya transisi pemain mereka dalam hal bertahan dan menyerang

Didalam bertahan, Semen Padang FC sukses melakukan intercept sebanyak 186 kali dengan melakukan clearance sebanyak 79 kali. Tekel bersih juga berhasil dilakukan sebanyak 58 kali dengan melakukan pelanggaran hanya sebanyak 66 kali

Baik didalam bertahan, baik pula didalam menyerang. Sejauh ini pemain Semen Padang FC berhasil melakukan tembakan tepat sasaran sebanyak 29 kali dengan tembakan off target sebanyak 25 kali. Rasio efektifitas didalam mencetak gol lini depan juga mencapai angka 44%.

Dengan catatan mentereng diatas, rasanya layak mengedepankan Semen Padang FC didalam top klub yang berpotensi menjadi juara piala presiden 2017. Akan tetapi, sebelum itu tentu Semen Padang FC harus menaklukan Arema FC untuk mewujudkan mimpi mereka merengkuh trophi piala presiden 2017.

 Semoga berhasil, Kabau SIrah!

*Data Statistik Disediakan oleh Lentera Sport Management

Comment